Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Apakah Pendidikan Kita di Indonesia Sudah Berhasil?

124
×

Apakah Pendidikan Kita di Indonesia Sudah Berhasil?

Sebarkan artikel ini
Apakah Pendidikan Kita di Indonesia Sudah Berhasil
Apakah Pendidikan Kita di Indonesia Sudah Berhasil

Pendidikan merupakan sebuah usaha atau proses yang umumnya melibatkan seorang pelajar dan pengajar dalam suatu waktu yang bertujuan untuk mencapai manusia yang bermartabat.

Di Indonesia pendidikan diatur dalam peraturan yang mewajibkan setiap warga masyarakatnya menempuh pendidikan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan dalam sebuah negara merupakan suatu hal yang sangat penting untuk lebih diperhatikan dan di tingkatkan oleh negara tersebut.

Pendidikan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pendidikan pada umumnya dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pendidikan formal dan nonformal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang diperoleh secara beraturan, sistematis, dan memiliki tingkatan, salah satu contoh nya yaitu pendidikan SD, SMP, SMA, yang dikenal dengan istilah wajib belajar paling tidak 9 tahun dan wajib 12 tahun.

Sedangkan pendidikan non formal adalah pendidikan diluar pendidikan formal, diantara contohnya yaitu pendidikan pesantren, bimbel, dan lain sebagainya.

Pembahasan selanjutnya apa saja yang menjadi kreteria keberhasilan dari suatu pendidikan? Suatu pendidikan bisa dikatakan berhasil tergantung pada hasil dari pendidikan tersebut. salah satu langkah yang perlu dilakukan agar pendidikan di indonesia dapat dikatakan berhasil adalah dengan meniru pola pendidikan di negara lain.

Baca Juga: Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Tapi walupun begitu, bukan berarti kita sebagai masyarakat Indonesia khususnya tenaga pendidikan Indonesia tidak mempunyai gagasan atau ide, kita juga hrus tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang telah atau sudah kita tentukan.

Terpenting adalah melakukan hal terbaik dan selalu optimis bahwa sistem pendidikan diindonesia akan berubah menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.

Salah satu kutifan menurut H Fuad ihsan, beliau mendefinisikan bahwa “pendidikan sebagai suatu usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi atau bakat yang sesuai dengan nilai nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan.

Kurikulum

Kurikulum yang padat dan metode pembelajaran yang konvensional dianggap menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan. Selain itu, kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan masih menjadi persoalan. Kurangnya fasilitas dan tenaga pengajar yang berkualitas di daerah pedesaan menjadi hambatan bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Mari Melihat Pencapaian Pendidikan Indonesia

Indonesia telah meraih kemajuan dalam bidang pendidikan. Angka melek huruf yang terus meningkat menjadi salah satu buktinya. Menurut data UNESCO, angka melek huruf di Indonesia mencapai 96.7% di tahun 2020. Selain itu, akses pendidikan juga semakin luas. Hal ini terlihat dari wajib belajar 12 tahun yang semakin diterapkan.

Menuju Pendidikan Indonesia yang Lebih Baik

Lalu, bagaimana kita dapat menggapai pendidikan Indonesia yang lebih baik? Beberapa hal dapat dilakukan, mulai dari reformasi kurikulum agar lebih mengutamakan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran juga perlu di tingkatkan untuk menjadikan proses belajar lebih menarik dan interaktif.

Peningkatan kualitas guru tak kalah penting. Para pendidik perlu dibekali dengan pelatihan dan pengembangan profesional secara berkelanjutan agar dapat mengajar secara efektif. Selain itu, ** pemerataan pendidikan** harus terus di upayakan agar anak-anak di seluruh wilayah Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.