Scroll untuk baca artikel
Berita

Isra Mi’Raj MAN 4 Garut: Aktualisasi Nilai-nilai Isra Mi’raj Era Digital

48
×

Isra Mi’Raj MAN 4 Garut: Aktualisasi Nilai-nilai Isra Mi’raj Era Digital

Sebarkan artikel ini

Garut, 7 Februari 2024 – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Garut menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah dengan tema “Aktualisasi Nilai-nilai Isra Mi’raj Era Digital”. Acara ini dihadiri oleh Kepala MAN 4 Garut, Dr. Bulan Fariz Johar Maknun Misbah, M.Pd., para guru, siswa, dan tamu undangan dari berbagai instansi.

Acara ini bertujuan untuk mengingatkan kembali peristiwa agung Isra Mi’raj yang merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan kemudian ke langit ketujuh untuk menerima perintah salat lima waktu dari Allah SWT. Selain itu, acara ini juga ingin mengajak para peserta untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Isra Mi’raj di era digital yang penuh dengan tantangan dan peluang.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 4 Garut, Dr. Bulan Fariz Johar Maknun Misbah, M.Pd. menyampaikan bahwa Isra Mi’raj merupakan peristiwa yang mengandung banyak hikmah dan pelajaran bagi umat Islam, khususnya generasi muda. “Isra Mi’raj menunjukkan kepada kita bahwa Allah SWT sangat mencintai dan menghargai Nabi Muhammad SAW sebagai hamba-Nya yang paling utama.

Isra Mi’raj juga menunjukkan kepada kita bahwa Allah SWT memberikan perintah salat lima waktu sebagai rukun Islam yang kedua, yang merupakan ibadah yang paling utama dan paling dekat dengan Allah SWT. Isra Mi’raj juga menunjukkan kepada kita bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin dan teladan bagi seluruh nabi-nabi dan umat manusia,” ujarnya.

Dr. Bulan Fariz Johar Maknun Misbah, M.Pd. juga mengajak para peserta untuk mengambil inspirasi dari Isra Mi’raj dalam menghadapi era digital yang serba cepat dan dinamis. “Di era digital ini, kita dituntut untuk selalu belajar, berinovasi, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi.

Kita juga dituntut untuk selalu menjaga akhlak, etika, dan moral dalam berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan. Kita juga dituntut untuk selalu menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat, antara materi dan spiritual, antara hak dan kewajiban. Semua itu dapat kita lakukan dengan mengaktualisasikan nilai-nilai Isra Mi’raj, yaitu kehambaan, ketakwaan, kebenaran, kejujuran, keikhlasan, kesabaran, kebersamaan, dan kebangkitan.

Acara ini diisi dengan ceramah dari Ustadz Daud Firdaus, pendakwah. Beliau juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Raudlotul Ulum, salah satu pesantren yang terkenal di cisewu garut.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan pidato, puisi, bertemakan Isra Mi’raj yang diikuti oleh para siswa. Acara ini berlangsung dengan khidmat dan antusias, serta menghasilkan karya-karya yang menarik dan bermutu.

Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan berkah bagi seluruh peserta, dan semoga kita semua dapat mengamalkan nilai-nilai Isra Mi’raj dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin.