Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian geografi menurut para ahli

man4garut.sch.id – Geografi, ilmu yang mempelajari tentang Bumi beserta segala isinya, memiliki definisi yang beragam menurut para ahli. Berikut beberapa pengertian geografi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

1. Eratosthenes (276 SM – 194 SM)

Eratosthenes, seorang matematikawan dan filsuf Yunani, dikenal sebagai “Bapak Geografi.” Menurutnya, geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang permukaan Bumi, termasuk bentuk, ukuran, dan posisinya di alam semesta.

2. Strabo (64 SM – 24 M)

Strabo, seorang sejarawan dan ahli geografi Yunani, mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang mempelajari tentang Bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan.

3. Carl Ritter (1779 – 1859)

Ritter, seorang ahli geografi Jerman, memandang geografi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungannya. Dia menekankan pentingnya memahami pengaruh lingkungan terhadap kehidupan manusia.

4. Paul Vidal de la Blache (1845 – 1918)

Vidal de la Blache, seorang ahli geografi Prancis, mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan tempat. Dia berfokus pada bagaimana manusia membentuk dan dilandasi oleh lingkungan mereka.

5. Preston E. James (1899 – 1980)

James, seorang ahli geografi Amerika, mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang mempelajari distribusi spasial fenomena di permukaan Bumi. Dia menekankan pentingnya memahami bagaimana berbagai elemen geografis saling terhubung dan berinteraksi

6. Bintarto (1932 – )

Bintarto, seorang ahli geografi Indonesia, mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang mempelajari tentang Bumi, baik secara keseluruhan maupun bagian-bagiannya, beserta segala gejala, proses, dan interaksi yang ada di dalamnya.

Kesimpulan

Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa geografi adalah ilmu yang kompleks dan memiliki cakupan yang luas. Geografi mempelajari tentang Bumi, segala isinya, dan interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Geografi bukan hanya tentang menghafal nama tempat dan fakta-fakta geografis, tetapi juga tentang memahami bagaimana berbagai elemen geografis saling terhubung dan memengaruhi kehidupan manusia.