Scroll untuk baca artikel
Berita

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E

16
×

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E

Sebarkan artikel ini

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada materi listrik dinamis. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain Randomized pretest-posttest control group.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII  MAN 4 Garut pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan data dilakukan dengan  metode dokumentasi, tes, angket dan observasi. Uji hipotesis antara rata-rata gain skor ternormalisasi tes keterampilan generik kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan software Minitab versi 16 mendapatkan nilai t hitung = 2,47 > ttabel =1,68 sehingga disimpulkan model pembelajaran Learning Cycle 7E secara signifikan lebih meningkatkan keterampilan generik sains siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

 

Pada Keterampilan generik sains, aspek hubungan sebab akibat memiliki taraf peningkatan tertinggi dilanjutkan dengan aspek pengamatan tak langsung, pemodelan matematik, bahasa simbolik dan melakukan inferensi logika. Model pembelajaran Learning Cycle 7E juga mendapatkan respon positif dari siswa berdasarkan angket tanggapan siswa.

 

Kata kunci: Model pembelajaran learning cycle 7E, keterampilan generik sains, listrik dinamis

 

 

Link Unduh : Download Jurnal

 

Pembuat: Yasir Ahmad Maulana, M.Pd.

NIP. 198411032009011009

Guru Fisika MAN 4 Garut