Penelitian ini untuk meningkat minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dikelas X Madrasah Aliyah Negeri 4 Garut. Setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran Fikih.
Penelitian ini dilakukan di kelas, X Madrasah Aliyah Negeri 4 Garut, karena minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dikelas tergolong rendah yaitu 48%, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan.
Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan metode Problem Based Learning, minat belajar siswa terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut bias dilihat dari hasil observasi pada siklus pertama, dan siklus kedua. Siklus pertama dengan rata-rata 63%, sedangkan pada siklus kedua dengan rata-rata 86%.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 4 Garut pada mata pelajaran Fikih.
Oleh :Dasri Suryaman,S.Pd.I
File bisa minta kepada admin